1. Jelaskan manfaat SIM dalam bidang pemasaran !
JAWAB
:
Manfaat
SIM dalam bidang pemasaran adalah membantu mempromosikan produk kepada
masyarakat. Seperti misal mempromosikan produk melalui media social ataupun
internet, sehingga produknya dapat dikenal masyarakat dan perusahaan dapat
berkembang lebih luas sehingga dapat memperoleh pendapatan yang lebih tinggi.
JAWAB
:
SIM
adalah jaringan prosedur pengolahan data yang dikembangkan dalam suatu sistem
dengan maksud memberikan informasi kepada manajemen sebagai dasar pengambilan
keputusan.
Peran
penting dalam manajemen adalah dapat menghasilkan informasi dan dasar dalam
pengambilan keputusan.
JAWAB
:
·
Konsep system informasi telah ada
sebelum munculnya komputer. Sebelum pertengahan abad ke-20, pada masa iitu
masih digunakan kartu punch,pemakaian komputer terbatas pada aplikasi akuntansi
yang kemudian dikenal sebagai system informasi akuntansi.
·
Pada tahun 1964, komputer generasi baru
memperkenalkan prosesor baru yang menggunakan silicon chip circuitry dengan
kemampuan pemrosesan yang lebih baik. Digunakan oleh para produsen
memperkenalkan konsep SIM dengan tujuan utama yaitu aplikasi komputer adalah
auntuk menghasilkan informasi bagi manajemen.
·
Sementara konsep SIM terus berkembang,
Morton, Gorry, dan Keendary Massachussets Institute of Technology (MIT)
mengenalkan konsep baru yang diberi nama Sistem pendukung keputusan (Decission
Support Systems)
·
Selanjutnya muncul konsep baru yang
dikenal dengan nama Artifical Intelligence (AI) sebuah konsep dengan ide bahwa
komputer bisa di program untuk melakukan proses logic menyerupai otak
mausia Perkembangannya dimasa depan
dengan cara perencanaan strategis danv SI/TI. Dengan
adanya hal tersebut maka dapat menentukan arah pengembangan teknologi informasi
yang diinginkan di masa depan serta menentukan bagaimana untuk mencapai system
dan teknologi informasi yang diinginkan dimasa depan.
JAWAB
:
Keuntungan
SIM :
·
Meningkatkan efisiensi operasional
·
Memperkenalkan inovasi perusahaan
·
Membangun sumber-sumber informasi
strategis
Kerugian
SIM :
·
Dapat membuat ketergantungan terhadap
SIM sehingga mengesampingkan rasionalisme perusahaan
·
Perusahaan belum tentu dapat beradaptasi
dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat
·
Kurangnya tenaga ahli dibidang sistem
JAWAB
:
Komponen
SIM secara fungsional :
·
Sistem administrasi dan operasional
·
Sitem pelaporan manajemen
·
Sistem database
·
Sistem pencarian
·
Manajemen data
Komponen
SIM secara fisik :
·
Perangkat keras
·
Perangkat lunak
·
Database
·
Prosedur pengoperasian
·
Personalia pengoperasian
JAWAB
:
Hubungannya
menuai sinergi yaitu serangkaian sub sistem informasi yang menyeluruh dan
terkoordinasi dan secara rasional terpadu yang mampu mentransformasi data
sehingga menjadi informasi lewat serangkaian guna meningkatkan produktivitas
yang sesuai dengan gaya dan sifat manajer atas dasar kriteria mutu yang telah
ditetapkan. Kegiatan dari sistem informasi menerima data sebagai masukan
(input), kemudian Memprosesnya dengan melakukan perhitungan,penggabungan unsure
data, dll. Akhirnya Memperoleh informasi sebagai(output) serta fungsi dari
manajemen itu sendiri merupakan Berbagai jenis tugas maupun kegiatan manajemen
yang punya peranan khas dan bersifat Saling menunjang untuk mencapai tujuan
yang telah ditetapkan sebelumnya.
Fungsi
utama manajemen meliputi :
·
Planning
·
Organizing
·
Actuating/directing/pengarahan
·
Pengawasan
JAWAB
:
Sistem Informasi Akuntansi dikatakan
sebagai bagian terbesar dari Sistem Informasi Manajemen karena Sistem Informasi
Akuntansi ini berada di berbagai bidang operasional manajemen organisasi.
Sehingga Sisten Informasi Akuntansi dapat juga didefinisikan sebagai kumpulan
dari subsistem-subsistem yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja
sama secara harmonis untuk mengolah data keuangan menjadi informasi keuangan
yang diperlukan oleh manajemen dalam proses pengambilan keputusan di bidang
keuangan.
JAWAB
:
Manfaat
untuk suatu perusahaan adalah untuk mempermudah manajemen dan membantu Serta
menunjang proses pengambilan keputusan manajemen .
Fungsi
terpentingnya meliputi:
·
Mendukung operasi bisnis mulai dari
akuntansi sampai dengan penelusuran pesanan pelanggan, sistem informasi
menyediakan dukungan bagi manajemen dalam operasi / kegiatan bisnis
sehari-hari.
·
Mendukung pengambilan keputusan
manajerial Membantu manajer mengidentifikasi kecenderungan dan untuk
mengevaluasi hasil dari keputusan sebelumnya
·
Mendukung keunggulan strategis Membantu
pencapaian sasaran strategis perusahaan dapat menciptakan keunggulan bersaing
dalam pasar.
JAWAB
:
·
Relevancy, merupakan informasi akan
dikatakan berkualitas jika relevan bagi pemakainya. Informasi akan relevan jika
memberikan manfaat bagi pemakainya.
·
Accurancy, merupaka sistem itu pasti,
sebuah informasi dapat dikatakan akurat jika informasi tersebut tidak bias atau
menyesatkan. Bebas dari kesalahan dan harus jelas mencerminkan maksudnya.
·
Timeliness, merupakan tepat waktu, hasil
informasi dari proses pengolahan data tidak boleh terlambat. Jika terlambat
tidak akan mempunyai nilai yang baik, sehingga kalau digunakan sebagai dasar
dalam pengambilan keputusan dapat menimbulkan kesalahan dalam tindakan yang
akan diambil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar