SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM DUNIA
PENDIDIKAN
DISUSUN GUNA MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
OLEH :
NAMA : ELZA DEVI LAKSMIATI
NIM : 11130075
JURUSAN : AKUNTANSI
STIE BANK BPD JATENG TAHUN 2015
JALAN PEMUDA NOMER 4A SEMARANG
KATA PENGANTAR
Puji dan Syukur penulis panjatkan kehadirat
ALLAH SWT. Karena berkat rahmat dan karunia-Nya Penulis dapat menyelesaikan
makalah ini dengan tepat waktu. Makalah yang berjudul “Sistem Informasi
Manajemen dalam Dunia Pendidikan” dibuat guna memenuhi tugas mata kuliah Sistem
Informasi Manajemen.
Makalah ini tidak hanya ditujukan
kepada kalangan akademis tetapi juga ditujukan masyarakat luas khususnya di
dunia pendidikan. Dalam kesempatan ini Penulis juga ingin mengucapkan
banyak terima kasih kepada Dosen pengampu mata kuliah Sistem Informasi
Manajemen Yang Terhormat Bapak Septia Lutfi, S.kom, M.kom, yang telah membimbing
dan mengajari Penulis.
Apabila dalam pembuatan makalah ini
belum lengkap, mohon dimaafkan. Karena Penulis adalah manusia biasa yang tidak
luput dari kesalahan. Dan kesempurnaanlah hanya milik ALLAH SWT.
Semoga makalah ini mampu menambahkan pengetahuan, khususnya
bagi Penulis sebagai penyusun dan umumnya bagi pembaca. Amin ya robbal alamin.
Semarang, Oktober 2015
Penulis
DAFTAR ISI
Kata Pengantar............................................................................................................... .... ii
BAB I :
Pendahuluan
1.1.
Latar Belakang Masalah.................................................................................... ....
1.2.
Rumusan Masalah.............................................................................................. ....
1.3.
Tujuan................................................................................................................ .... 5
BAB II
: Pembahasan
1.1. ........................................................................................................................... ....
1.2. ........................................................................................................................... ....
1.3. ........................................................................................................................... .... 10
BAB IV : Penutup
A.
Simpulan............................................................................................................. .... 14
Daftar Pustaka................................................................................................................ .... 15
BAB I
PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG MASALAH
Dengan semakin berkembangnya teknologi
informasi di dunia saat ini, dimana segala kegiatan dalam kehidupan sehari-hari
berbasis komputer, maka komputer merupakan alat kebutuhan dalam menciptakan dan
memperoleh serta memproses suatu sistem informasi yang setiap saat selalu
berkembang. Oleh karena itu setiap orang harus mampu berupaya mengikuti arus
informasi yang berkembang di dunia teknologi ini. Teknologi Informasi adalah
suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses,
mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk
menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat
dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, pendidikan, bisnis,
dan pemerintahan serta merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan
keputusan.
Sistem
Informasi Manajemen menyediakan informasi bagi para pengelola pendidikan untuk
pengambilan keputusan yang bersifat taktis. Sistem Informasi Manajemen
menyediakan informasi menyangkut informasi strategis yang diperlukan untuk
menentukan langkah pendidikan. Secara teoritis, Sistem Informasi Manajemen akan
sangat membantu para pengelola pendidikan dari berbagai tingkatan dalam
melaksanakan tugasnya. Dalam teori Sistem Informasi Manajemen, tersirat
pengertian bahwa informasi akan selalu tersedia pada setiap tingkatan
pengelola, sesuai dengan kebutuhannya. Proses pengolahan dan penyebaran
informasi pada SIM sifatnya menyeluruh, atau kadang kala disebut sebagai
pendekatan system secara total (Total Systems Approach).
Dalam menghadapi globalisasi, sistem informasi semakin
dibutuhkan oleh lembaga pendidikan, khususnya dalam meningkatkan kelancaran
aliran informasi dalam lembaga pendidikan, kontrol kualitas, dan menciptakan
aliansi atau kerja sama dengan pihak lain yang dapat meningkatkan nilai lembaga
pendidikan tersebut.
RUMUSAN MASALAH
1. Bagaimana pengertian Sistem Informasi Manajemen Pendidikan
?
2. Bagaimana tujuan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan
?
A.
TUJUAN
1. Untuk mengetahui pengertian sistem informasi manajemen
pendidikan.
2. Untuk mengetahui tujuan Sistem Informasi Manajemen
Pendidikan
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Sistem Infomasi Manajemen Pendidikan
Sistem Informasi Manajemen merupakan sistem informasi yang
menghasilkan hasil keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan
berbagai proses yang diperlukan untuk memenuhi tujuan tertentu dalam suatu
kegiatan manajemen.
- Perencanaan
Formulasi terinci untuk mencapai suatu tujuan akhir tertentu adalah aktivitas manajemen yang disebut perencanaan. Oleh karenanya, perencanaan mensyaratkan penetapan tujuan dan identifikasi metode untuk mencapai tujuan tersebut. - Pengendalian
Perencanaan hanyalah setengah dari peretempuran. Setelah suatu rencana dibuat, rencana tersebut harus diimplementasikan, dan manajer serta pekerja harus memonitor pelaksanaannya untuk memastikan rencana tersebut berjalan sebagaimana mestinya. Aktivitas manajerial untuk memonitor pelaksanaan rencana dan melakukan tindakan korektif sesuai kebutuhan, disebut pengendalian. - Pengambilan Keputusan.
Proses pemilihan diantara berbagai alternative disebut
dengan proses pengambilan keputusan.
Fungsi manajerial ini merupakan jalinan antara perencanaan dan pengendalian. Manajer harus memilih diantara beberapa tujuan dan metode untuk melaksanakan tujuan yang dipilih. Hanya satu dari beberapa rencana yang dapat dipilih.
Fungsi manajerial ini merupakan jalinan antara perencanaan dan pengendalian. Manajer harus memilih diantara beberapa tujuan dan metode untuk melaksanakan tujuan yang dipilih. Hanya satu dari beberapa rencana yang dapat dipilih.
Sistem Informasi Manajemen Pendidikan merupakan sistem yang
terdiri dari sekelompok orang, pedoman, dan perangkat pengolah data, yang
memantau dan mengambil kembali data dari lingkungan, yang memperoleh data dari
transaksi dan operasi dalam organisasi, dan yang menyaring, mengatur, dan memilih
data serta menyajikannya sebagai informasi kepada para pemangku kepentingan
pendidikan/sekolah, terutama bagi para manajer pendidikan pada semua level dan
fungsi organisasi, untuk mendukung pengambilan keputusan dalam menjalankan
fungsi-fungsi manajemen, untuk mendukung komunikasi, dan untuk mendukung
kegiatan operasional, termasuk di dalamnya kegiatan instruksional.
Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dikembangkan secara
terpadu dimulai dari proses operasional pendaftaran siswa baru, proses akademik,
pengelolaan keuangan, sampai operasional siswa menjadi alumni. Segala kebutuhan
pelaporan dari sekolah ke Dinas Pendidikan Daerah maupun untuk kebutuhan
Depdiknas dapat dilakukan dengan mudah. Dengan adanya Sistem Informasi
Manajemen Pendidikan menjadi lebih mudah dan terkontrol.
Cakupan
Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (SIMDIK)
Ruang Lingkup SIMDIK Back-office :
v Koneksi dan setting, Identitas sekolah, setting tahun
ajaran, seting kurikulum, koneksi database, dan format tanggal.
v Pengelolaan Kesiswaan, Pengelolaan biodata masing-masing
siswa, beasiswa, kasus kedisiplinan, data kesehatan, data periksa, prestasi,
perpindahan (mutasi) siswa, sampai pengelolaan data alumni.
v Pengelolaan Akademik, Laporan nilai hasil ujian secara periodik,
data nilai KTSP, data nilai KBK, data absensi, data bimbingan dan penyuluhan,
data kasus siswa, rencana pengajaran, pengelolaan mata pelajaran, penjadwalan,
dan prestasi akademik.
v Pengelolaan Guru dan Karyawan, Manajemen biodata guru dan karyawan,
data keluarga, riwayat pendidikan, pendidikan tambahan(kursus, training,
seminar, workshop dsb).
v Pengelolaan Keuangan, Manajemen pembayaran biaya
pendidikan, administrasi dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah)dan
penggunaannya, biaya tambahan, seperti : biaya praktikum, biaya ekstra, dll.
v Pengelolaan Perpustakaan, Pengelolaan buku (judul, kategori
& deskripsi), status keanggotaan dan peminjam, stock inventory, Jurnal
keluar masuk buku, laporan-laporan terdiri dari : statistik peminjaman, statistik
keluar masuk buku, rekap peminjaman, dan rekap pengembalian.
v Pelaporan, Pelaporan siswa (induk siwa, kesehatan, periksa kesehatan,
biasiswa, kasus, dan bimbingan) per siswa, per kelas dan seluruh siswa,
pelaporan guru/pegawai (induk pegawai, bidang pengajaran), rencana pengajaran,
nilai, kelulusan, statistik dan laporan ke DEPDIKNAS (data sekolah, siswa dan
guru)
v Bank Soal, Pengolahan data bank soal, penyimpanan soal,pencarian dan
pencetakan.
Sistem
Informasi Akademik
Sistem Informasi Akademik secara khusus dirancang untuk
memenuhi kebutuhan Sekolah/Perguruan Tinggi yang menginginkan layanan
pendidikan yang terkomputerisasi untuk meningkatkan kinerja, kualitas
pelayanan, daya saing dan kualitas SDM yang dihasilkannya.Teknologi Informasi berperan
penting dalam memperbaiki kinerja suatu organisasi. Penggunaannya tidak hanya
sebagai proses otomatisasi terhadap akses informasi, tetapi juga menciptakan
akurasi, kecepatan, dan kelengkapan sebuah sistem yang terintegrasi , sehingga
proses organisasi yang terjadi akan efisien, terukur, fleksibel. Pemanfaatan
teknologi informasi menjadi kebutuhan yang tak dapat ditawar lagi, karena
ketersediaan informasi yang terintegrasi makin penting dalam mendukung upaya
menciptakan sistem perusahaan/organisasi yang efisien dan kompetitif.
Sistem Informasi Akademik sangat membantu dalam pengelolaan
data nilai siswa/mahasiswa, mata pelajaran/kuliah, data staf pengajar
(guru/dosen) serta administrasi fakultas/jurusan yang sifatnya masih manual
untuk dikerjakan dengan bantuan Software agar mampu mengefektifkan waktu dan
menekan biaya operasional.
Sistem
Informasi Akademik memberikan kemudahan dalam mengelola :
- Data Guru/Dosen
- Data Siswa/Mahasiswa
- Data Mata Pelajaran/Kuliah
- Data Nilai Siswa/Mahasiswa
B.
Tujuan
Sistem Informasi Manajemen Pendidikan
Tujuan dari dibangunnya informasi berupa aplikasi Sistem
Informasi Pendidikan adalah:
1.
Membantu seluruh bagian yang berperan di dunia
pendidikan dengan memberikan
informasi yang menyeluruh tentang pendidikan dari tingkat sekolah dasar hingga
sekolah menengah umum atau yang setara dengannya.
informasi yang menyeluruh tentang pendidikan dari tingkat sekolah dasar hingga
sekolah menengah umum atau yang setara dengannya.
2. Memberikan sarana agar seluruh
bagian yang berperan dalam dunia pendidikan yang ada di propinsi / kota
kabupaten agar dapat berperan aktif dalam usaha memajukan usaha pendidikan.
3. Pertanggungjawaban publik yaitu
dengan memberikan informasi secara trasparan tentang kebijakan dan pemakaian
sumber daya yang dialokasikan untuk dunia pendidikan.
4. Meningkatkan pengetahuan guru dan
murid tentang dunia informatika serta manfaat yang dapat diambil melalui
beberapa pelatihan.
5.
Memberikan akses informasi yang mudah dan lengkap bagi
pendidik dan siswa mengenai ilmu pengetahuan dan informasi pendidikan lainnya.
Keunggulan dari sistem ini adalah :
Sesuai standar JARDIKNAS (Departemen Pendidikan Nasional),
sehingga pembuatan laporan dari masing-masing sekolah maupun dari Dinas
Pendidikan dapat dengan mudah dan cepat di sampaikan tanpa harus membuat
laporan ulang dan tanpa harus mencetak laporan, hal ini karena format laporan
dan jaringan sudah disesuaikan dan menggunakan konsep singkronisasi online.
1. Kemudahan dan kecepatan proses
pengolahan, penyimpanan, pencarian, pelaporan data dan informasi yang
dibutuhkan.
2. Dikembangkan secara integrated untuk
kebutuhan administrasi akademik sekolah.
3. Sistem dapat disesuaikan dengan
kebutuhan lembaga/institusi pendidikan terkait.
Keuntungan SIMDIK yang diperoleh sekolah, yaitu :
1.
Dapat memantau perkembangan pendidikan siswa secara akurat.
2. Dapat meningkatkan pelayanan di
bidang pendidikan kepada masyarakat secara akurat.
3. Dapat menyimpan database sekolah
mulai dari data siswa,guru serta karyawan yang terdiri dari data akademik,
sistem kurikulum, administrasi, aset sekolah dll
4. Memudahkan pekerjaan sekolah
tersebut dalam segala aspek mulai dari BK, TU dan lain -lain
5.
Dapat mengangkat BRAND IMAGE sekolah tersebut secara tidak
dengan memiliki fasilitas manajemen modern.
Keuntungan SIMDIK yang diperoleh orang tua dan siswa, yaitu
:
1.
Siswa dapat berkreasi membuat blog/email dll
2. Siswa dapat memantau ilmu dari luar
sekolah
3. Siswa dapat berkorespondensi dengan
sesama pelajar diseluruh dunia
4. Siswa dapat mencari info beasiswa
dari dalam/luar negeri
5. Orang tua dapat mengecek
absensi/daftar nilai melalui fasilitas SMS
Gateway Go To School tanpa perlu repot datang kesekolah
Gateway Go To School tanpa perlu repot datang kesekolah
6.
Dapat memantau perkembangan siswa/siswinya.
BAB IV
PENUTUP
SIMPULAN
Dalam kehidupan
kita dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dan telekomunikasi merupakan
sektor yang paling dominan. Siapa saja yang menguasai teknologi ini, maka dia
akan menjadi pemimpin dalam dunianya. Globalisasi telah memicu kecenderungan
pergeseran dalam dunia pendidikan dari pendidikan tatap muka yang konvensional
ke arah pendidikan yang lebih terbuka.
Perkembangan teknologi informasi
Indonesia sangat dipengaruhi oleh kemampuan sumber daya manusia dalam memahami
komponen teknologi informasi, seperti perangkat keras dan perangkat lunak
komputer; sistem jaringan baik berupa LAN ataupun WAN dan sistem telekomunikasi
yang akan digunakan untuk mentransfer data. Kebutuhan akan tenaga yang berbasis
teknologi informasi masih terus meningkat; hal ini bisa terlihat dengan
banyaknya jenis pekerjaan yang memerlukan kemampuan di bidang teknologi
informasi di berbagai bidang; juga jumlah SDM berkemampuan di bidang teknologi
informasi masih sedikit, jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia.
DAFTAR PUSTAKA
http://sribudirahayublog.blogspot.co.id/2012/03/peran-sistem-informasi-manajemen-pada.html
di akses pada 5 oktober 2015
http://sisteminformasimanajemenpendidikan1.blogspot.co.id/ di akses pada 7 oktober 2015
Tidak ada komentar:
Posting Komentar