SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA PT OJEK
SYAR’I INDONESIA (OJESEY)
DISUSUN GUNA MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
OLEH :
NAMA : ELZA DEVI LAKSMIATI
NIM : 11130075
JURUSAN : AKUNTANSI
STIE BANK BPD JATENG TAHUN 2015
JALAN PEMUDA NOMER 4A SEMARANG
KATA PENGANTAR
Puji dan Syukur penulis panjatkan kehadirat
ALLAH SWT.Karena berkat rahmat dan karunia-Nya Penulis dapat menyelesaikan
makalah ini dengan tepat waktu.Makalah yang berjudul “Sistem Informa Manajemen
pada PT Ojek Syar’i Indonesia (Ojesey)” dibuat guna memenuhi tugas mata kuliah
Sistem Informasi Manajemen.
Makalah ini tidak hanya ditujukan
kepada kalangan akademis tetapi juga ditujukan masyarakat luas khususnya di
dunia pendidikan.Dalam kesempatan ini Penulis juga ingin mengucapkan
banyak terima kasih kepada Dosen pengampu mata kuliah Sistem Informasi
Manajemen Yang TerhormatBapak Septia Lutfi, S.kom, M.kom, yang telah membimbing
dan mengajari Penulis.
Apabila dalam pembuatan makalah ini
belum lengkap, mohon dimaafkan.Karena Penulis adalah manusia biasa yang tidak
luput dari kesalahan.Dan kesempurnaanlah hanya milik ALLAH SWT.
Semoga makalah ini mampu menambahkan pengetahuan, khususnya
bagi Penulis sebagai penyusun dan umumnya bagi pembaca.Amin ya robbal alamin.
Semarang, Oktober 2015
Penulis
DAFTAR ISI
Kata Pengantar............................................................................................................... .... ii
BAB I :
Pendahuluan
1.1.
Latar Belakang Masalah.................................................................................... .... 4
1.2.
Rumusan Masalah.............................................................................................. .... 5
1.3.
Tujuan................................................................................................................ .... 5
BAB II
: Pembahasan
1.1. Pendiri PT Ojek Syar’i Indonesia (Ojesey)....................................................... .... 6
1.2. SIM yang diterapkan pada PT Ojek Syari Indonesia (Ojesey)......................... .... 7
BAB IV : Penutup
A.
Simpulan............................................................................................................. .... 13
Daftar Pustaka................................................................................................................ .... 14
BAB I
PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG MASALAH
Penggunaan teknologi informasi yang saat ini terus
berkembang ternyata banyakmemberikan timbal balik yang positif.Seperti
banyaknya peluang bisnis baru yangtercipta khususnya pemanfaatan pada
internet.Perkembangan teknologi informasitersebut memungkinkan setiap orang
dengan mudah melakukan transaksi melaluijaringan komputer, baik dengan menggunakan
internet, ekstranet atau pun intranet. Dalam perkembangannya, Sistem Informasi
Manajemen (SIM) merupakan bagiandari pengendalian internal suatu bisnis yang
meliputi pengelolaan manusia, dokumen,teknologi, dan prosedur oleh manajemen
untuk memecahkan masalah bisnis, seperti biayaproduksi, layanan, atau suatu
strategi bisnis.
SIM dibedakan dengan sistem informasibiasa karena SIM
digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang diterapkanpada
aktivitas operasional organisasi.Perkembangan sistem informasimanajemen telah
menyebabkan terjadinya perubahan yang cukup signifikan dalam polapengambilan
keputusan yang dilakukan oleh manajemen baik pada tingkat operasional(pelaksana
teknis) maupun pimpinan pada semua jenjang.
Upaya perusahaan dalam menghasilkan informasi yang handal
harus dilakukandengan mengembangkan Sistem Informasi Manajemen. Sistem
Informasi Manajemenmencerminkan kemampuan perusahaan dalam mengelola informasi
berbasis computersecara menyeluruh dan terkoordinasi yang mampu mentransformasikan
data menjadi informasi lewat serangkaian cara yang dapat meningkatkan
produktivitas dan kinerjaperusahaan dalam menjalankan aktivitasnya. Peran
manajemen menjadi sangat pentingdalam menghasilkan informasi, terkait pemetaan
kebutuhan informasi, penentuan jenisdan kualifikasi informasi, dan penggunaan
informasi tersebut yang didasarkan kepada“core business” dan tujuan perusahaan.
Dengan kata lain, Sistem Informasi Manajemenmemiliki cakupan lebih luas dari
teknologi informasi yang merupakan bagian dari SistemInformasi Manajemen.
Pengguna internet di
Indonesia telah mencapai31 juta orang dan 159 juta orang lainnya adalah
pengguna internet berbasis nirkabel,namun penyedia layanan E-Commerce di
Indonesia baru mencapai 3%. Keberadaan E-Commerce merupakan alternatif bisnis
yang cukup menjanjikan untuk diterapkan padasaat ini, karena E-Commerce
memberikan banyak kemudahan bagi kedua belah pihak,baik dari pihak penjual
(merchant) maupun dari pihak pembeli (buyer) di dalammelakukan transaksi
perdagangan, meskipun kedua pihak yang terlibat terpisah dalamjarak yang sangat
jauh.
Pada bisnis jasa transportasi darat khususnya ojek di
Indonesia, Ojek Syar’I indonesia merupakansalah satu perusahaan
jasa pertama dengan layanan berbasis mobile dalam operasionalnya.Banyak
konsumen yang tertarik pada ojek ini dikarenakan ojek ini merupakan ojek khusus
wanita baik penumpang maupun pengemudinya.Jadi untuk para wanita saat ini tidak
perlu khawatir apabila ingin menggunakan jasa ojek, karena biasanya pengemudi
ojek hanyalah pria.
RUMUSAN MASALAH
1. Siapakah pendiri PT Ojek Syar’i Indonesia (Ojesey) ?
2. Bagaimanakah Sistem Informasi Manajemen yang
diterapkan pada PT Ojek Syar’i
Indonesia (Ojesey)
?
TUJUAN
1. Untuk mengetahui pendiri PT Ojek Syar’i Indonesia
(Ojesey)
2. Untuk mengetahui Sistem Informasi Manajemen yang
diterapkan pada PT Ojek Syar’i Indonesia (Ojesey)
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pendiri PT Ojesy (Ojek Syar’i)
PT Ojek Syar’i Indonesia
(Ojesey) merupakan sebuah perusahaan jasa yang melayani jasa ojek khusus
wanita.Konsumen ojek syar’i hanya untuk wanita, begitupun pengemudinya juga
oleh wanita.Sesuai dengan namanya, ojek ini mempekerjakan perempuan
berjilbab untuk menjadi pengemudi ojek online dan
membidik pangsa pasar penumpang wanita dan anak-anak. Ojek Syar’i beroperasi
mulai tanggal 10 Maret 2015 di kota Surabaya.
Ojek Syar'i berawal dari ide Evilita Adriani 19 (tahun), mahasiswi
jurusan Hubungan Internasional UPN Veteran Surabaya bersama rekannya Reza Zamir
(21 tahun), mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Agama di Surabaya jurusan Managemen
Dakwah.Ojek Syar'i
yang digagas oleh Reza dan Evilita ini mendapat banyak apresiasi positif dari
masyarakat.Sekarang sudah ada 20 driver di Surabaya.Hanya dalam waktu beberapa
bulan, Ojek Syar'i telah mengembangkan sayap bisnisnya ke berbagai Kota.Kini
Ojek Syar'i dapat ditemui di Jabodetabek, Malang, dan Sidoarjo. Mereka berharap
ke depannya Ojek Syar’i bisa hadir di semua kota di Indonesia, bahkan dia
bermimpi Ojek Syari dapat berkembang hingga tingkat Asia.
Sebagai founder Ojek Syar'i, Reza Zamir menyatakan optimis bisa
mengembangkan sayap bisnisnya dan dapat pula bersaing dengan ojek online yang
sudah ada. Bisnis ojek ini diberi nama Ojek Syar'i karena membawa nilai-nilai
Islam. Sebab sesuai dengan nilai Islam, perempuan harus berboncengan dengan
perempuan, begitu juga sebaliknya.Awalnya Ojek Syar'i hanya diperuntukkan untuk
wanitamuslim, namun seiring berjalannya waktu banyak wanita nonmuslim yang juga
tertarik untuk menjadi penumpang.
Inspirasi
Bisnis Ojek Syar’i
Ide dan
inspirasi berdirinya Ojek Syar’i ini muncul saat Evilita bekerja sambilan
sebagai kurir makanan.Saat itu Evilita bertemu dengan salah seorang teman
perempuannya yang merasa tidak nyaman jika harus berboncengan dengan tukang
ojek laki-laki.Dari sinilah kemudian Evilita mulai berpikir untuk membuat
bisnis ojek khusus perempuan. Maka kemudian lahirlah Ojek Syar’i ini mulai
beroperasi sejak awal Maret 2015 di kota Surabaya dengan Evilita yang menjadi
sebagai satu-satunya pengendara Ojek Syar’i kala itu.
Maraknya peristiwa
kekerasan seksual yang menimpa perempuan di angkutan umum, ditambah lagi banyak
di antara kaum perempuan yang tidak mampu membawa kendaraan bermotor namun
merasa kurang nyaman jika harus menaiki ojek yang disupiri oleh kaum pria.Maka
terbentuklah ide untuk memunculkan layanan jasa ojek baru bernama OJESEY yang
merupakan singkatan dari “Ojek Syar'i”.
B.
Sistem
Informasi Manajemen yang diterapkan pada PT. Ojek Syar’i Indonesia (Ojesey)
Ojek Syar’i
(OJESY) mulai beroperasi secara resmi pada 10 Maret 2015.Berbekal motor
pribadi, Evilita resmi menjalankan usahanya lengkap dengan jaket dan helm
khusus berlogo Ojek Syar'i.Dua minggu kemudian, datang dukungan dari Abdullah
Dinar (32 tahun) yang membantu dari sisi teknologi informasi dan Agus Edi S (32
tahun) pada pengembangan bisnis dan manajemen.
Saat ini
Evilita tidak lagi menjadi tukang ojek, melainkan sebagai bagian dari manajemen
perusahaannya yang kini berstatus perseroan terbatas (PT) dengan nama PT. Ojek
Syar'i Indonesia yang bermarkas di Jalan Sawahan Baru Gang Dua Nomor 73,
Surabaya, Jawa Timur. Dengan Memanfaatkan internet untuk melakukan pemesanan,
calon penumpang bisa melakukan pemanggilan melalui aplikasi pesan instan,
seperti BlackBerry Messenger, Line, dan WhatsApp. Promosi pun digalakkan
melalui Facebook dan Twitter. Rencana ke depan, sistem order dapat dilakukan
melalui aplikasi yang saat ini sedang diproses.
Hingga saat
ini armadanya sudah ada puluhan dengan pengemudi yang datang dari beragam latar
pekerjaan, mulai dari ibu rumah tangga, mahasiswi, karyawan dan lain
sebagainya. Tercatat saat ini di kota Surabaya ada 20 orang, di kota Malang 1
orang, di kota Sidoarjo 4 orang, dan di Jabodetabek ada 35 orang. OJESY masih
membuka kesempatan bagi yang ingin bergabung dan menjadi mitra, syarat utamanya
adalah wanita muslimah, memiliki motor dengan usia minimal tahun 2000, memiliki
SIM C dan STNK yang aktif, berjilbab, pakaian tidak ketat, dan ramah.
Untuk
tarifnya pelanggan dikenakan tarif awal Rp5.000 untuk mengganti biaya
transportasi pengemudi ke lokasi pelanggan.Selanjutnya, pelanggan dikenakan
tarif Rp3.000/Km. OJESY juga memberlakukan uang tunggu sebesar Rp5.000/30
menit.Bila sudah memesan dan membatalkannya, pelanggan harus membayar biaya
pembatalan Rp10 ribu.
PT OJESY
membagi pendapatan dengan pengemudi.Perusahaan mendapat 30 persen dari
pendapatan tersebut.Sementara pengemudi mendapat 70 persen.Ke depannya, tidak
menutup kemungkinan untuk melayani sistem pengiriman barang dan makanan, hanya
saja konsepnya saat ini masih dirumuskan untuk tetap terjaga keamanannya.
Melayani
Penumpang Khusus Wanita
Seperti
yang telah diketahui, Ojek Syar’i merupakan layanan ojek yang mengkhususkan pada
penumpang wanita.Dengan slogan yang dimiliki ini maka secara otomatis Ojesy
telah menjadi pelopor ojek khusus wanita pertama dan terpercaya di
Indonesia.Meskipun bernama Ojek Syar’i dan berkesan nuansa Islami namun Ojesy
tidak hanya menyasar pengguna muslimah saja tapi juga wanita pada
umumnya.Pernyataan ini diperkuat oleh tagline yang terlihat pada halaman
Facebook Ojesy sendiri yaitu ‘Ojek Syar’i hadir untuk membantu para wanita yang
kesusahan dalam transportasi’. Dari layanan yang khusus itulah maka sang
pendiri menjadikannya sebagai ciri khas dan keunikan bisnisnya.
Untuk
melakukan pemesanan Ojek Syar`i, pengguna bisa memesannnya lewat instan
messaging atau pesan singkat seperti WhatsApp dan BBM.Selain melalui instant
messaging, pemesanan Ojek Syar’i ini juga bisa dilakukan via telepon dan
SMS.Dari sini maka nampak jelas bahwa Ojek Syar’i memiliki perbedaan dengan
kompetitornya dibisnis ojek online lainnya.Namun meski demikian, tidak menutup
kemungkinan ke depannyaakan ada sistem order Ojek Syar’i melalui aplikasi. Tapi
memang, aplikasi Ojek Syar’i ini masih harus menunggu waktu karena saat ini
masih sedang dikembangkan.
Sahabat Pengendara
Sahabat
pengendara merupakan sebutan bagi para pendaftar yang ingin menjadi pengemudi
ojek Syar’i. Berikutsyarat bergabung menjadi Sahabat Pengendara Ojek Syari
secara umum adalah :
v Bisa
berkendara motor dengan baik dan aman
v Mempunyai
motor dengan kondisi keamanan motor yang lengkap
v Berjilbab
dan berpakaian tidak ketat
v Siap
menerima order ojek di daerah sesuai wilayah tinggal atau lokasi yang dikehendaki
v Memiliki
waktu longgar minimal 5 jam per hari untuk menerima orderan
v Berusia
maksimal 45 tahun
v Mempunyai
ponsel berbasis android
v Mampu
berkomunikasi melalui Aplikasi Medsos WhatsApp
v Surat
Ijin menjadi Sahabat Pengendara Ojek Syar’i dari mahrom bermaterai 6.000
v Menjaminkan
surat berharga (ijazah / BPKB)
v Pembagian
fee untuk pengendara :
·
30% dari tarif awal Rp. 5.000
·
70 % tarif ojek per kilo meter Rp. 3.000
·
Tarif tunggu maupun cancel
v Pengendara
akan dapat bonus dan tunjangan jika target minimal rata-rata jarak tempuh
harian 15 KM
Setelah
memenuhi persyaratan diatas, kemudian sahabat pengendara wajib mengisi data
berikut ini :
·
Nama Lengkap :
·
Nama Panggilan :
·
Usia :
·
Kota :
·
No. yg bisa dihubungi :
·
Lokasi daerah yang memungkinkan untuk
operasional menerima order (rute lengkap) :
·
Waktu yang bisa menerima order (hari dan jam) :
·
Akun SosMed :
·
Pengalaman Berkendara Motor sudah berapa tahun :
·
Aktivitas saat ini :
Data-data
diatas diisi dengan disertai dengan Foto, KTP, SIM, dan Kartu Keluarga serta
STNK Berkas-berkas dikirim ke alamat email: sahabatpengendara@ojeksyari.com dan
whatsapp ke nomor Mitra Daerah Terdekat :
1. Tangerang,
Jakarta Timur, Jakarta Utara : 0859 2130 0567
2. Jakarta
Barat & Jakarta Selatan : 0813 2632 9070 3
3. Jakarta
Pusat : 087 88888 5380
4. Depok
& Tangerang Selatan : 08777 433 4144
5. Jogjakarta
: 0812 7582 1975
6. Madiun
: 081 333 964 259
7. Malang
: 0818 0311 9572
8. Solo
: 0812 9204 004
9. Bekasi
: 0857 1961 7406
10. Semarang :
0823 2623 9595
11. Cilegon :
0812 9792 9294
12. Gresik :
0899 7310 282
13. Sidoarjo :
0897 9309 727
14. Surabaya :
0822 3432 7353
Mitra Daerah
Apabila ingin
menjalin kemitraan daerah beikut adalah syarat dan ketentuannya :
v Mitra
daerah menyetorkan dana penyertaan kemitraan
v Menyediakan
tempat untuk koordinasi, pembinaan, kajian bulanan untuk pengendara di wilayah
tersebut dengan support dari pusat.
v Mewakili
proses rekrutment pengendara baru di wilayah tersebut dengan support dari
pusat.
v Merekap
order dan setoran sahabat pengendara setiap bulan
v Pembagian
bagi hasil 10% keuntungan dari orderan daerah
v 10
buah atribut pengendaara awal (Helm, Mantel, Jaket)
v Daerah
mendapatkan tambahan pembagian 5% keuntungan nasional dibagi rata berdasarkan
kota yang ada.
Setelah Mitra
Daerah telah memenuhi syarat dan ketentuan di atas, lalu kirimkan CV calon
mitra serta Dokumentasi Usaha yang saat ini atau pernah dilakukan ke email :ojesy.indonesia@ojeksyari.com
Info kemitraan via : Call : 08775 1111 283 Whatsapp 085775946999
Mitra Investasi
Syarat dan ketentuan untuk menjalin mitra investasi adalah :
v Besaran
nominal investasi per orang minimal Rp. 1.000.000
v Jangka
waktu investasi minimal 2 tahun
v Pembagian
bagi hasil keuntungan adalah 25%
untuk investor , 75%
untuk PT. Ojek Syari Indonesia
Layanan Ojek Syar’i
v Order
via SMS/WA : 08574946244
v Order via Call :
08974565379 081234555131 087751111510
v Jam Layanan : 06.00 -
19.00
v Tarif Awal 5.000,
v Tarif Per Kilo Meter
3.000,
v Tarif Tunggu Rp. 5.000,-
per 30 menit,
v Tarif Cancel Rp. 10.000
v Tarif Minimal berlaku
minimal 5 KM,
v Tarif Berlangganan
Bulanan tanpa Tarif Awal
Tarif dan Pengembangan Bisnis
Untuk tarif
yang dibanderol Ojek Syar’i adalah Rp 5.000 untuk tarif awal dan Rp 3.000 untuk
tiap kilometer berikutnya. Tarif ini tentu saja berbeda dengan kompetitornya yang
memiliki tariff Rp 4.000 – Rp 15.000 (maksimal 25 kilometer).Dalam pengembangan
usahanya sendiri, Ojek Syar’i menggunakan sistem kemitraan bagi siapapun yang
tertarik menghadirkan layanan Ojek Syar’i di daerahnya masing-masing.
Ojek Syar’i mendapat
respon dan apresiasi yang positif dari masyarakat.Kini perkembangan usahanya
pun telah merambah kota-kota besar Jawa Timur lainya seperti seperti Malang dan
Sidoarjo.Dan kini, setelah hampir enam bulan hadir di kawasan Jawa Timur,
layanan ojek khusus wanita ini telah hadir di Jabodetabek. Untuk ke depannya, Ojek Syar'i akan melayani
sistem pengiriman barang dan makanan. Hanya saja, sang pemilik sedang
merumuskan bagaimana konsepnya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.
BAB IV
PENUTUP
SIMPULAN
Dalam
kehidupan kita dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dan telekomunikasi
merupakan sektor yang paling dominan. Siapa saja yang menguasai teknologi ini,
maka dia akan menjadi pemimpin dalam dunianya. Globalisasi telah memicu
kecenderung dalam transportasi masyarakat yang lebih terbuka.
Perkembangan teknologi informasi
di Indonesia sangat dipengaruhi oleh kemampuan sumber daya manusia dalam
memahami komponen teknologi informasi, seperti perangkat keras dan perangkat
lunak komputer; sistem jaringan baik berupa LAN ataupun WAN dan sistem
telekomunikasi yang akan digunakan untuk mentransfer data. Kebutuhan akan
tenaga kerja yang berbasis teknologi informasi masih terus meningkat.
Sistem
informasi memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah perusahaan.Sistem
informasi memiliki peran dalam menunjang kegiatan bisnis operasional,menunjang
manajemen dalam pengambilan keputusan, dan menunjang keunggulan strategi
kompetetif perusahaan.
DAFTAR PUSTAKA
http://dokumen.tips/education/peranan-sistem-informasi-manajemen-pada-gojek.html
diakses pada tanggal 20 Oktober 2015
http://www.andriewongso.com/articles/details/14614/OJESY-2C-Sarana-Ojek-yang-Aman-Khusus-Perempuan
diakses pada tanggal 20 Oktober 2015
https://www.maxmanroe.com/ojek-syari-mengenal-startup-layanan-pemesanan-ojek-online-khusus-wanita.html
diakses pada tanggal 21 Oktober 2015
http://nasional.tempo.co/read/news/2015/08/12/058691150/ojek-syar-i-andalkan-sopir-wanita-dan-mimpi-tembus-asia
diakses pada tanggal 21 Oktober 2015
Tidak ada komentar:
Posting Komentar